RRA rasanya pingin bahas soal rem mengerem, tapi yang mau RRA omongin itu dari segi teknik pengeremannya yah, bukan merk remnya antara Bebek, Matic dan Sport
Bebek – dalam mengerem sebuah motor bebek, sudah jamak dilakukan dengan injak kaki (baca:rem belakang) sedangkan rem depannya lebih sering dianggurin, setidaknya saya melakukan ini sih 🙂 . Kenapa gitu? karena rem depan bebek ini sangat mengerikan jika di tekan dalam-dalam. Pengalaman saya sih ban depan bisa ngunci dan ndlosor dengan sukses yah.. RRA pernah ndlosor dalam kehidupan ini dan itu wajar lah, semua orang melakukan kesalahan konyol ini. Hal ini bisa jadi dikarenakan tipisnya bidang ban depan bebek apalagi yang cacingan… wuiiiihh… 😉 pokoknya ngeri dah, apalagi tekan tuas rem depan saja tanpa dibarengi rem belakang… intinya don’t try this at home
Matic – Sudah jamak dalam metic untuk mempergunakan teknik 60% belakang dan 40% depan, meskipun sejatinya ban bebek dan metic ini rata-rata ga beda – beda amat lebarnya jika kita melihat beat, mio, vario 125, dll alasannya bisa jadi karena distribusi bobot metic dan bebek yang sungguh beda, rata-rata matic dibuat dengan distribusi berat di tengah dibanding bebek yang titik beratnya kemana-mana, atau malahan alasan simple seperti perbedaan feeling antara rem kaki dan tangan pada bebek dan antara rem tangan kanan/kiri pada metic, sesimpel itu mungkin.
Sport – Mengerem motor sport pakai rem belakang? ngepot gan! sudah terbukti dengan si kebo saya, horror pokoknya. Ban bisa gedek-gedek ngedrift ala tokyo drift sampai si nyonyah marah-marah dikira ga bisa bawa motor waktu itu. Trus Gimana dong? solusinya hanya rem depan saja, yap 100% rem depan only, bener-bener ala bawa moge lah ilustrasinya. Ini bisa terjadi karena distribusi bobot pada saat mengerem pada motor sport ada di arm depan dan ban depan jadi gaya grafitasi terbesar tertumpu pada arm, soal teorinya saya kurang paham tapi ini yang saya rasakan, mungkin yang lain tau kenapa bisa gitu? Jadi menurut saya sih rem belakang pada motor sport mau tromol atau cakram sih ga ada bedanya wong ga kepake, gambarannya simple, yang tromol aja bisa bikin ban ngunci dan ngepot plus ngedrift, apalagi yang dikasi cakram, biuuuh… ngeri gan.
muosoooj aku bebek ngeremnya front only tuh
bukanya keminter tpi emang belakang tromolnya dah dijual ma kakak
waduhhh… tanpa rem belakang dong mas? beda merk beda rasa mungkin bro, saya nyobanya pake supra x 125…
ehhh… namanya ndlosor itu on situasional lho, dan karena rem bebek itu kelewat pakem jadi rem dikit ngunci dianya. saya ndlosornya juga ga seketika itu ndlosor koq, waktu dahulu kala, jadi karena rem mendadak dan terjadilah musibah itu, lain sama rem motor sport yang tetep smooth meskipun di rem mendadak, bisa jadi bahan kampasnya beda.
cobain dulu rem scooter yan di injek dong mas beroo
lah… Vespa dong… hahha… itu jaman saya masih SD kang… jadi ga pernah nyobain jadi ga tau deh
tergantung tipe kendaraan gan,,,tigy ane 99% pake rem belakang (udah upgrade cakram) pakem,,, tapi g pernah ngepot kecuali kalo di kecepatan tinggi n kondisi jalan basah…posisi shock belakang udah ditinggiin padahal tapi tetep rem depan malah jarang banget kepake…..beda distribusi berat mungkin? lebih condong ke belakang dariapada ke depan???
yuppp.. teori distribusi berat ini sebenernya pingin saya tulis, tapi kurang bahan, jadinya pending dulu artikelnya, daripada ntar dibilang ngedoboz aja 🙂 memang beda antara tiger dengan byson. Secara design, byson lebih terpusat di bagian tengah motor sedangkan tiger lebih merata diseluruh bagian motor. Jadi tujuannya jelas lain, Tiger di design agar orang yang pindah dari bebek ke sport tidak kaget naeknya, sedangkan byson di design untuk “rasa” dari sebuah moge. Jangan kayak saya, dari supra lompat ke byson, pakai teknik mengerem nya bebek lagi… ngedrift lah sejadi jadinya…
kalo ane bwa mtor bebek maupun sport perbandinganya 85% rem depan,15%rem belakang,
klo cuma rem belakang rodanya nggesot,
terbiasa dengan persentase rem depan lebih besar…
ahh gk juga mas bro,tergantung teknik&skill pengendaranya.
klo ane mau pk matik,bebek,sport pas ngerem gk depan mulu/blkg mulu,awal ngerem pk depan lalu dbnt rem blkg,y kr2 65-35 tp klo ngerem mendadak ane 50-50 krn biar imbang.
klo cm dpn doank 100% trs rem blkg buat apa?
ini cm pendapat aja,lain org lain caranya.
Kalo di kebo sayah… maksain pake rem belakang sama aja cari cilaka sih mas bro… ban bisa ngesot loh..pernah nabrak avanza di speed 70 kpj sampe kaki sobek gara2 pake rem belkng. apalagi 50% 50% wahh.. ampun deh… solusinya cuma rem depan saja.. rem belakang jadi pajangan buat pantes pantes
ehh bisa juga jadi seperti hand rem pada saat motor berhenti… 🙂
maap klo OOT,mgkn sampeyan cara ngeremnya yg salah,ban kebo aja gede jd tapak ke aspal lbh byk,shrsnya klo mendadak tuh dpn tekan keras lalu imbangi sm blkg pst bs brenti sketika apalagi cm 70km/jam.
skali lg maap bkn mksd sok tau soalnya dh sring jg dulu sring kebut2an,jd hapal njinakin mtr djln.
Pas saya nabrak waktu itu yaa gitu gan… tuas tangan saya tekan kuat… ehh pas injek rem kaki lha koq malah ngunci trus ngedrift sejadi jadinya… memang soal ngedrift itu hampir karena saya pake rem belakang… sekarang sih dengan rem depan only di byson ya aman dr tokyo drift … 🙂 btw gpp mas gan, nice share lho
klo smp ngedrift brarti ban blkg krg bagus utk nggigit aspal,lah smp ngesot gt. seumpama ngunci y lepas,injek lg,lepas injek lg yg cpt.
pengalaman pk matik ddpn ada pick up ngerem ndadak,ane kaget,lgsg spontan tarik rem dpn&blkg bareng sekencengnya,ampe bunyi ckiiiittt…..ckiiitttt tp gk ngesot,alhmd brenti,batin ane lumayan jg nih ban,jantung dh gk karuan wkt itu
oiya drmh ane ada mtr matik,supri 125 ,grand jadul & kawak foging piston….
kalo saya untuk matic rem belakang dulu di rem smooth. kalo udah deket baru pelan2 rem depan. kalo bebek ya belakang baru depan rem nya. kalo moge saya biasa engine brake sambil rem belakang. kalo udah engine brake, rem depan ngerem nya smooth
hmmmm untuk matic dan bebek saya kadang juga gitu sih… kalau motor laki emang paling enak engine brake dulu yah… saya yaa gitu soalnya 😀
oiya mas, bukannya saya sok tau tapi saya survey ke produsen motor motor kalo semua kaliper rem yang disc brake dibikin belakang 30% dari 100% total pengereman. kalo depan 70% dari 100% total pengereman. nah di motogp yg pertama kali bisa ngendaliin rem original itu rossi. rossi bisa nge rem pake rem original jadi depan-blkng itu 50% banding 50% jadi imbang banget. saya dapet info itu dari coach saya pas dulu pas latihan moto2 di sentul
bisa jadi mas… kan kalau tujuannya buat balap di moto GP rem belakang di tekan agar motor sedikit sliding… contoh lain si stoner yang selalu ngedrift cara nunggangnya… saya pernah nulis disini
https://pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/24/balap-moto-gp-soal-ngomong-itu-gampang-mraktekinnya-ampuuooon-gan/
yang intinya naklukin ducati di Game Moto GP… yaa sebenarnya caranya dengan rem depan belakang secara imbang jadi motor bisa sliding dan masuk tikungan lebih pas…. cuman… latihannya sulit je… di Game, aja saya jatuh berkali-kali sampai akhirnya bisa… lha kalo dunia nyata… jatuh berkali2 bisa nyawa taruhannya
santai saja mas bro anggap warung sendiri… kita tukar pikiran saja.. saya seneng banget mas, situ sepertinya lebih expert dari saya… wong saya kalo balapan cuma di Game aja …