Soal Bisnis MLM, Yang Bagus Itu Yang Mana Yah?

Multi-Level-Marketing

RRA – Ada yang belum tau Multi Level Marketing? menurut mbah wiki

Pemasaran berjenjang adalah sebuah model bisnis yang tidak berkelanjutan yang melibatkan pembayaran peserta menjanjikan atau jasa, terutama untuk mendaftarkan orang lain ke dalam skema , daripada memasok setiap investasi riil atau penjualan produk atau jasa kepada masyarakat ”

lanjut

“Berbagai bentuk skema piramida adalah ilegal di banyak negara termasuk: Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Eropa Barat (Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Finlandia, Inggris Raya, Islandia, Irlandia, Italia, Jerman, Luxemburg, Norwegia, Perancis, Portugal, Spanyol, Swedia, dan Swiss) dan Asia Timur: (Jepang dan Korea Selatan). Jenis skema telah ada selama setidaknya satu abad, beberapa dengan variasi untuk menyembunyikan sifat asli mereka. Banyak orang menganggap semua multilevel marketing berencana untuk juga menjadi skema piramida”

😯  itu kata wiki yah… saya juga kaget diskripsinya koq menjurus gitu. Gagal dong bikin artikelnya? hehe ya engga lah, semua ada celahnya dong. Sebelumnya RRA pingin ngajak memahami gimana sebuah bisnis MLM berjalan. Bisnis ini mengedepankan member get member untuk operasionalnya, singkatnya, perusahaan mengedepankan konsumen sebagai seller dibanding menggaji seseorang untuk menjadi sales. Jadi akan banyak sales untuk menjual produknya karena konsumen sendirilah yang jadi penjualnya.

MLM yang berkembang saat ini sangat melenceng dari konsep awal yaitu member get member as sales, tapi member get member as target. Maksudnya adalah, seseorang mencari member baru bukan sebagai penjual namun sebagai barang jualan. Bukan lagi sebagai subjek tapi objek sehingga barang yang dijual sudah tidak penting, karena mendapatkan anak buah (baca: downline) lebih menguntungkan dengan mendapatkan fee dari pendaftaran tiap member baru.

Konsep jualan seperti ini saya sebut konsep “Jalan Buntu” karena ketika member semakin banyak dan ramai maka mempercepat kematian perusahaan inti, sedangkan bila tidak banyak member maka gimana si member dari bisnis ini bisa kaya raya? nah lho… galau.. galau dehh.

mlm1

Berikut contoh soalnya : si Perusahaan XYZ punya 5 anggota utama sebut saja anggota ini adalah topline dari perusahaan XYZ, maka si topline butuh masing-masing 2 anggota yang dianugerahi dengan title “downline”,  sehingga total downline ada 10 orang. Terus 10 orang ini juga cari downline lagi kan biar dapet duit dari pendaftaran anggota baru? turun turun dan terus menurun… maka turunan ke 13 dari dari perusahaan XYZ membutuhkan downline sebanyak 488.281.250 orang 😯 . Nah mari kita lihat data penduduk Indonesia di tahun 2011 yaitu 243 juta orang dan di 2012 cuma 246 juta orang artinya pertambahan 1 tahunnya sekitar 6 juta orang saja, Nah sisa 200 jutaan orangnya mau nyari dimana?

Inilah gerbang kehancuran system MLM dengan fee seperti ini, semakin cepat beranak pinak maka jumlah orang semakin tidak mencukupi. Ingat, dengan 13 tingkat saja sudah bisa membuat over kuota dengan menyisakan  488 juta orang yang tidak mungkin mendapatkan downline lagi dan persentase untuk  kaya raya  yang tidak lebih dari 1%. Dan seandainya bila dalam 1 bulan semua pelaku MLM bisa menggaet 2 orang saja sebagai downline (baca: istilahnya memprospek) maka butuh 1 tahun lebih 1 bulan untuk menjadi over kuota, cepet amir yah? yaah… itu itung-itungan kalkulator saya sih.

Terus gimana dong MLM yang baik? nah yang baik itu MLM yang mengutamakan produk yang dijual daripada fee dari member get member. Dapet fee itu sah sah saja sebenernya selama fee nya dari anggota member yang kita prospek sendiri, bukan dari turunannya sehingga sampai disebut pasif income dan dapet downline sih sah-sah saja untuk sebagai pengkarya, bukan sebagai yang dikaryakan 🙂

Advertisements

7 thoughts on “Soal Bisnis MLM, Yang Bagus Itu Yang Mana Yah?

  1. Siip,sebuah pencerahan nih,lg ditawarin bisnis mlm juga tapi masih mikir2.dulu juga sering ditawari tapi biasanya ikutnxa lebih utk kemudahan mendapat produk2nya,&tentu harga juga.

  2. Pingback: Trik Lanjutan dari MLM PT. DBS (Dua Belas Suku), Untuk Mengeruk Uang Nasabahnya | RRA Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s