Brio Original dan Brio Satya Itu Barang Yang Beda? Mosoook toh?????

RRA Blog – RRA memang pada dasarnya suka sama LCGC, alasannya murah, kemungkinan bisa dibeli daripada mobil – mobil lain. Terlepas dari mobil 2nd yang non LCGC dan harga sekitaran dengan mobil LCGC, RRA lebih prefer ke LCGC koq… alasannya yah mobil nya baru… minim perawatan untuk 5 tahun kedepan, serta lagi in saat ini, yaa kalau mau ngomongin prestise sih… mending mobil kemana mana meskipun itu LCGC daripada sebuah motor ER6N… itu menurut RRA lho.. 😀

Nah kemarin pagi ada omongan sederhana antara Ayah dan RRA.. soal Brio nih… Kita tau bahwa BRIO ini ada 2 versi, yang original dan versi LCGC nya… harga terpaut gila gan. Nah yang saya heran Brio Original ini sering saya lihat daripada yang Satya.. padahal logikanya sih kedua barang itu pasti sama lah baik dari bahan baku body dan plastik. Alasannya yah mana mungkin pabrikan honda beli satu lagi alat robot cetak untuk membedakan bahan bakunya… misal yang brio original dengan bahan A dan brio satya dengan bahan B… ga mungkin deh seperti itu, yang ada boros resource malah… buang modal pasti… hasil??? sama aja..

Yang masuk akal adalah kedua brio ini dibuat dalam mesin cetak yang sama, dengan bahan material yang sama, atau mungkin sperepart yang sama malahan… cuman di bagian penempelan emblem .. yang satu dikasih nama Honda Brio dan dibandrol mahal yang satu di kasih logo Brio Satya dan dibandrol murah… padahal barangnya sama saja :mrgreen: . So.. kalo saya beli Brio Satya dan ditempel emblem Brio Honda… jadi versi Brio Original dong… wkwkwkwk…  Ini cuma pendapat ngawur RRA dan Ayah saya yagh.. dont take it personal oke.. 😀

NB : bila ada yang merasa satya dan brio original itu memang berbeda monggo share yah…

_________________________________________________________________

Untuk informasi Product, Harga, DP dan Ilustrasi Angsuran  untuk Pembelian mobil Toyota, hubungi Sales Representative kami di

Rendytia Kurniawan 

MARKETING EXECUTIVE – TOYOTA

0821 3772 0345

085740703063 (WA)

Advertisements

34 thoughts on “Brio Original dan Brio Satya Itu Barang Yang Beda? Mosoook toh?????

  1. tapi harganya beda jauuuhhh lho… ini perkiraan harganya

    Brio Satya A Manual Rp. 106.600.000,-
    Brio Satya S Manual Rp. 111.600.000,-
    Brio Satya E Manual Rp. 117.600.000,-
    Brio S Otomatis Rp. 141.000.000,-
    Brio E Otomatis Rp. 146.000.000,-
    Brio Sports E Manual Rp. 180.000.000,-
    Brio Sports E Otomatis Rp. 190.000.000,-

    Brio Satya tipe tertinggi dan Brio Ori Tipe terendah selisihnya Rp. 23.400.000,-

    mari kita lihat secara spec
    Brio Satya tipe E (tertinggi)

    1.2 L i-VTEC 88PS
    5MT
    ECO Indicator
    Dual SRS Airbags
    G-CON+ACE
    Pretensioner Seat Belt with Load Limiter
    Imobilizer
    Electric Power Steering
    Power Window
    4 Speakers
    Seatback Pocket
    Keyless Entry
    Color Door Handle
    Color Door Mirror
    Vanity Mirror
    New Fog Lamp
    New Rear Wiper
    14″ Alloy Wheel
    Rear Black Garnish
    2 Tone Color Interior
    2 DIN CD Audio System, USB & AUX in

    Brio Original Tipe A (terendah)

    New Rear Chrome Garnish
    Tailgate Spoiler
    14″ Alloy Wheel
    1 Tone Color Interior
    1 DIN CD Audio System, USB & AUX in
    4 Speakers
    Seatback Pocket
    1.2 L i-VTEC 88PS
    5AT
    ECO Indicator
    Dual SRS Airbags
    G-CON+ACE
    ABS+EBD
    Pretensioner Seat Belt with Load Limiter
    Imobilizer
    Electric Power Steering
    Keyless Entry
    Power Window
    Color Door Handle
    Color Door Mirror
    Vanity Mirror

    Lha fiturnya tinggian mana coba… harga mahalan sapa 😀

  2. Bukannya satya sama brio beda cc mesinnya ya,yang satu 1300 dan satu lagi 1200 dan LCGC kan dapet keringanan pajak dari pemerintah, maka harganya bisa beda CMIIW
    Kalau buat g sih krn nama besar Honda aja jadinya harganya bisa setinggi itu, harusnya paling mahal di angka 150jt…Hari gini kok buka kaca mobil masih diengkol

  3. liat price listnya..
    brio original 1200 tipe a udah ga ada.. adanya yang s sama e matic semua..
    jadi kalo mau matic ya bukan yang satya..
    brio 1300 ga usah diomongin pasti langsung mati.. ngabisin stok aja.. coba aja iseng minta diskon gede buat brio sports 1300 .. pasti dikasih

  4. Bedanya dua varian ini adalah pada transmisinya saja Gan… Honda Brio Satya hanya hadir dengan transmisi manual 5 speed, sedangkan Honda Brio hadir dengan transmisi otomatis 4 speed…..Uhukuhukkkkk

  5. BEDANYA CMAN DI BUIL UP MA NDK,KAKAKKU BELI BRIO YG BIASA,SBELUM SATYA MUNCUL HARGANYA 175 JT,TU ASLI LGSUNG JAPAN,BUAT DONGKRAK PASAR TUK MOBIL CITY CAR,MUNCULLAH SATYA,RAKITAN MADE INDONESI,TARIAKAN N SMUANY ABDA GAN,LEBIH SIP YG ASLI JAPANG

      • satu contoh Bedanya brio satya sama brio ori itu dari bahan plat materialnya, kalo mobil LCGC bahan plat besinya lebih mirip ky seng itu murah tipis kalo hujan gk heran di mobil LCGC itu atapnya berisik.

      • aku pake brio ori… yang pabrikan thailand… temenku pake satya… dari mesin suaranya beda… yg satya agak berisik, klo ori ga kedengeran gan.. halus..temen2ku pd bilang gt jg semua… body nya jg lebih tebel… cc nya 1300… bentuk boleh sama, tp kualitas mesin beda… kbrnya lebih enak bawa yg ori jg… ga tau jg sih, soalnya blm prnh nyobain mobilnya temen yg satya… tp klo suara emg lebih berisik… aq pake yg metik…

  6. Brio Satya . Di produksi sendiri di indonesia oleh Honda Prospect Motor .
    Brio ori . Di produksi dari luar . Thailand biasanya .

  7. Perhatikan juga di header knalpotnya..satya hitam bahan beda dengan brio buil up silver..ane juga pengen brio tapi binggung mau yang mana..lagi cari2 perbedaan

  8. brio dijual diluar negeri (india dan thailand) hanya ada yang mesin 1.2 (1200cc) kecuali diindia selain ivtec (bensin) ada varian diesel (idtec). sedangkan brio yang masuk indonesia (generasi pertama) dirakit utuh (completely built up) di thailand namun diberi mesin 1.3 (1300cc) sama dengan mesin honda fit (jazz generasi pertama di jepang). kemudian
    program lcgc pemerintah membuat honda indonesia memasok komponen mesin brio 1.2 dan merakit sendiri diindonesia ditambah kandungan komponen lokal yang telah diawasi ketat oleh Honda. untuk brio 1.2 transm()isi manual memenuhi kualifikasi sebagai lcgc (harga off the road max 95jt) dan berhak mendapat potongan pajak masuk serta memakai nama keindonesiaan dan logo (satya). namun brio 1.2 transmisi otomatis tidak memenuhi syarat lcgc (harga off the road diatas 95jt) sehingga diberi nama brio tanpa emblem satya (CKD) sedangkan brio 1.3 diberi emblem Sport (versi transmisi manual dan otomatis)

  9. Perbedaan Honda Brio Satya, Brio, dan Brio Sport
    RedaksiMarch 14th, 2014, 10:24 pmNo comment
    Salah satu pabrikan mobil Jepang, Honda mengeluarkan produk andalannya Honda Brio untuk melengkapi kebutuhan LCGC Indonesia sekaligus bersaing dengan mobil murah lainnya. Produk ini lahir dengan tiga varian yakni Brio Satya, Brio, dan Brio Sport. Ketiganya pun dibekali dengan kelebihan masing-masing, tentunya dengan harga yang juga tidak sama antara satu dengan lainnya. Hal ini tak lepas dari varian pasar yang ingin dibidik oleh Honda selaku produsen mobil mungil yang irit bahan bakar. Benar saja, produk ini telah banjir pesanan sejak akan diluncurkan. Hal ini menarik minat kami untuk memberikan informasi tentang perbedaan Brio Satya, Brio, dan Brio Sport yang akan melengkapi referensi Anda saat hendak membeli salah satunya.

    Perbedaan Mobil Honda Brio
    Mesin
    Baik Honda Brio Satya maupun Honda Brio, keduanya sama-sama mengusung mesin dengan tipe 1.2 L, 4 silinder SOHC 16 valve iVTEC PGM-FI. Dengan kapasitas silinder 1.198 cc dan dapat mengeluarkan daya hingga 88 tk per 6.000 rpm plus torsi maksimumnya adalah sebesar 109 Nm per 4.500 rpm. Bedanya dua varian ini adalah pada transmisinya saja. Honda Brio Satya hanya hadir dengan transmisi manual 5 speed, sedangkan Honda Brio hadir dengan transmisi otomatis 4 speed.

    Honda Brio Sport berbeda dengan kedua varian sebelumnya, perbedaan ini terlihat dari kapasitasnya yakni sebesar 1.339 cc atau 1,3 L. Sedangkan tipe mesin adalah sama, yakni 4 silinder SOHC valve iVTEC PGMFI. Dengan kapasitas mesin sebesar ini, Honda Brio Sport dapat menyemburkan tenaga hingga 100 tk per 6.000 rpm dengan torsi 127 Nm per 4.800 rpm. Berbeda dengan dua varian sebelumnya, Honda Sport ini hadir dengan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

    Interior dan Eksterior
    Seluruh varian Mobil Honda Brio sudah dibekali dengan ECO Indicator dan dual SRS Airbags yang akan menemani kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara. Sedangkan untuk keyless entry nya hanya ditemukan pada Brio dan Brio Sport, sedangkan pada Brio Satya hanya pada tipe-tipe tertentu saja.

    Sistem audio 2 DIN CD dengan 4 speaker bisa ditemukan pada varian Honda Brio Sport, dan tipe E Honda Brio dan Brio Satya, sedangkan varian dan tipe yang lain masih mengusung sistem audio 1 DIN CD dengan 2 speaker. Selain itu, gabungan dua warna pada interior Brio Sport dan tipe E pada Brio dan Brio Satya semakin membuat keduanya tampak menarik dan menawan. Namun, jika Anda mencari desain interior yang  lebih sederhana tapi elegan, Brio Satya tipe A dan S serta Brio tipe S bisa menjadi pilihan terbaik.

    Perbedaan eksteriornya terlihat pada lapisan chrome yang ada pada Honda Brio dan Brio Sport tetapi belum ada pada honda Brio Satya.  Perbedaan lain terlihat dari rem yang disematkan, Honda Brio dan Brio sport sudah mengusung rem ABS dan EBD sedangkan Honda Brio Satya belum memilikinya.

    Perbedaan Honda Brio Satya, Brio, dan Brio Sport ini berguna bagi Anda yang sedang ingin membeli mobil LCGC yang bisa dipakai  blusukan di jalanan kota besar yang sering macet.

  10. perbedaannya memang ga keliatan gan. contohnya ABS dan EBD, diliat secara fisik ga ada bedanya brio yg udah ada ABS atau nggak. karet peredam juga lebih banyak di brio 1300. ukuran kipas radiator juga yang brio 1300 ada 2 ukurannya gede, yang satya cuma satu ukurannya kecil lagi. masih banyak bedanya tapi ya gitu.. bedanya ga keliatan kalo diliat seklias secara fisik.
    perbedaan kapasitas mesin kalo diatas kertas sepertinya ga berbeda jauh ya antara 1300 dan 1200. tapi ternyata ada majalah otomotif yang nge-test keduanya. brio 1300 itu yang tercepat kalo diadu dengan mobil sekelasnya seperti sirion, etios, dll. bahkan diadu dengan nissan march yang 1500cc, brio 1300 masih lebih cepet. tapi brio 1200 diadu dengan mobil sekelasnya (mirage, picanto, dll) malah jadi yang paling lambat. dulu juga sepertinya ada recall untuk sebagian brio satya karena ada masalah airbag. dan yang 1300 ga pernah ada recall karena komponennya beda.
    ada temen saya juga yang ganti mesin satya nya dirubah pake mesin punya jazz, bengkelnya kesulitan meski akhirnya berhasil. padahal kata pemilik bengkel dia pengalaman ngerubah mesin brio 1300 juga dirubah pake mesin jazz malah gampang banget. dipasang serba cocok. entah apa yang bikin punya satya beda. entah ECUnya atau apanya gitu ane kagak paham.
    kalo masalah tebel tipis plat bodi,saya pernah ketok ketok kayaknya sama aja semua jenis brio. gak ada bedanya.
    ya.. itu yang saya tau sih.. kalo cuma pengen gaya dan dipake sehari2 mending pake satya trus emblemnya dirubah. kalo yang suka performa, brio 1300 bisa jadi pilihan.

    • bener banget… 1300 enak dipake ngebut… aq pake soalnya… metik lagi… suaranya jg halus… klo body blm pernah bandingin sih dgn punya temen… emg klo performa bedanya jauh…

  11. Gini gan bedanya sangat jelas
    Brio satya cuman 1200 cc dan trosi yg dihasilkan biasa” karena mesin thailand
    Kalo yg 1300 ada dua yg sports sama e sama” 1300cc beda fungsi.
    Unttuk yg E body sama mesin masih thailand dengan kapasitas mesin 1300 cc
    Kalo sport itu buat balap bedanya banyak kalo mau bongkar
    1.Ecu punya honda Fit jepang
    2.mesin sama persis kaya honda Fit walaupun body thailand mesin 100% asli jepang
    3. Trosi yg dihasilkan lebih tinggi karena ecu juga beda

    Itu gan bedanya semoga bermanfaat
    IG: riconandaarifp

    • Kalau di logika… torsi tinggi artinya power akan rendah… kalau torsi flat… bisa jadi powernya tinggi… kalau sekelas brio… terbaik menurut saya sih torsi badak… biar sedikit injek kendaraan dah jalan… top speed ga penting… di kota ga akan kepake… dijalan tol juga ngeri… body kecil terbang ntar :mrgreen:

      • logika darimana tuh bro kok malah kebalik logikanya, karena saya pernah pake brio 1200cc buat nanjak gampang mati kalo ga kebiasa.
        power tinggi, torsi akan mengikuti tinggi. buktikan aja toyota fortuner 2400cc buat nanjak dibanding agya 1000cc buat nanjak. udah jelas fortuner yg kuat karena mesin gede, torsi ikut gede.

        di speknya udah kliatan jelas:
        brio 1339cc, power 100hp, 130 Nm
        brio 1198cc, power 88hp, 114 Nm

      • duh maaf, agan sini ada yg kurang pinter kayanya jadi gatel pengen komen. Masa fortuner dibandingin sama agya, itu gimana ceritanya :ngakaks
        Maksudnya kan dengan kapasitas mesin yg sama gan, dengan perbedaan tune akan menghasilkan kecendrungan daya power dan torsi yang berbeda. Umumnya, kalo tune ecu power dinaikan memang torsi akan turun, begitu pula sebaliknya.

        *kecuali ditambah turbo, aplikasi nitro, ganti sana ganti sini pasti bisa naik dua2nya :ngakaks*

  12. Apa perbedaan Brio dan Brio Satya? Berikut Ulasannya

    Honda Brio merupakan City Car yang terbilang sangat berkualitas di kelasnya City Car 150 juta sampai 175 jutaan, berkelas karena fitur-fitur yang dibenamkan tergolong canggih (istimewa) dan biasanya fiturnya ada pada mobil hatchback 200 jutaan seperti teknologi rem, sistem safety mobil, tenaga, dan lain-lain (nanti akan kita bahas sekalian apa fitur Brio ini).
    Akan tetapi seiring dengan program mobil murah ramah lingkungan atau LCGC, honda indonesia mengeluarkan mobil murah dengan basic Honda Brio yakni Brio Satya, mobil yang dibanderol dengan harga mulai 115 juta rupiah ini ternyata memiliki perbedaan yang banyak dengan Honda Brio non LCGC terutama pada fitur-fiturnya meskipun pada mesin sama persis. pecinta otomotif harus tahu dan jangan anggap fiturnya sama, lalu apa saja perbedaannya?
    Perbedaan Honda Brio dan Brio Satya
    Eksterior
    Untuk bagian desain eksterior/ body bisa dibilang sama persis mulai bahan, dimensi (panjang, lebar, tinggi), ketebalan plat bodi, yang membedakan adalah:
    – Velg: dimana untuk honda brio sudah memakai velg alumunium, sedangkan brio satya masih memakai velg dari besi. Velg ternyata tidak bisa dianggap sepele karena velg yang terbuat dari alumunium ternyata lebih ringan dan lebih stabil dari pada velg berbahan steel (besi). Untuk ban yang dipakai sama persis

    velg besi brio satya
    – Foglamp, hanya terdapat pada brio E A/T (varian tertinggi brio) sedangkan untuk satya semuanya tidak memiliki foglamp
    – Bobot mobil Brio lebih berat sekitar 35 kg dari pada brio satya, dari sisi kemampuan maka yang lebih ringan akan semakin cepat berakselerasi, akan tetapi bisa jadi selisih kelebihan bobot tersebut adalah berat dari ornamen yang tidak ditanamkan pada varian yang lebih ringan (satya)

    Interior
    – Perbedaan adalah pada sistem audio dimana brio sudah memakai double din yang bisa dikoneksikan dengan smart phone (memakai bluetooth), sedangkan pada satya menggunakan single din tanpa konektifitas bluetooth.

    – Perbedaan lain adalah pada sistem safety dimana Honda Brio sudah sudah memiliki teknologi Auto Door Lock by Speed, artinya pada kecepatan tertentu pintu akan mengunci otomatis, fitur ini tidak dimiliki Satya
    – Sistem kemudi semuanya sudah memakai EPS

    – Fitur Tilt Steering hanya terdapat pada Brio E A/T, sedangkan yang lain belum memiliki termasuk brio S A/T apa lagi Brio Satya :-), tilt steering ini bermanfaat ketika mengemudi jarak jauh untuk menghindari kelelahan pengemudi, karena ketinggian setir bisa diatur (direndahkan/ ditinggikan) untuk mencari posisi ternyaman

    Mesin
    Mesin sama persis, tidak ada perbedaan.
    – Hanya sistem transmisi yang mungkin berbeda dimana Honda Brio memakai transmisi matic sedangkan pada Satya transmisinya masih memakai manual
    Rem
    Sistem rem ini sangat berbeda, ini harus diperhatikan ya…
    Honda brio memakai sistem rem berteknologi ABS dan EBD dimana sistem rem ini anti selip, jadi meskipun pecinta otomotif menginjak pedal rem terlalu dalam secara spontan maka mobil gak bakal sampai kepeleset/ kehilangan cengkeraman ke aspal (jadi termasuk kategori aman digunakan). Berbeda dengan brio satya yang tidak dibekali teknologi rem ABS dan EBD ini
    Sistem Keselamatan
    Sebenarnya rem termasuk sistem keselamatan juga ya, tapi kita sendirikan karena termasuk signifikan perbedaanya.

    Untuk sistem keselamatan perbedaannya ada pada SRS Airbags, dimana Honda Brio semuanya dibekali SRS Airbags sedangkan Brio Satya semuanya tak memiliki airbags.
    Sedangkan sistem keselamatan yang ada pada semua varian Honda Brio dan Brio Satya adalah Struktur Rangka G-CONE + ACE dengan teknologi Side Impact Beam yakni sistem rangka yang bisa meminimalkan benturan dari satu titik atau bisa dikatakan meratakan benturan ke semua sisi mobil sehingga lebih aman saat terjadi tabrakan (body dapat meredam benturan)

    Harga
    Harga Honda Brio: Rp. 149.600.000 (Brio S A/T), Rp. 154.600.000 (Brio E A/T)
    Harga Brio Satya: Rp. 114.900.000 (Satya A), Rp. 119.900.000 (Satya S) dan Rp. 125.900.000 (Satya E)
    Nah dari beberapa perbedaan di atas dan harga yang dipatok tentunya pecinta otomotif bisa menimbang dan memilih dengan lebih baik, harga yang murah belum tentu cocok buat kita dan sebaliknya fitur yang macam-macam belum tentu kita pakai.
    Brio Satya VS Toyota Agya
    Pecinta otomotif mungkin akan mencoba menbandingkan Brio satya dengan Toyota Agya, berikut adalah Brio Satya VS Toyota Agya dilihat dari bagian dalam (interiornya)

    Nah Toyota Agya dan Honda Brio satya bersaing dalam rentang harga yang hampir sama sekitar 115 jutaan, jika selisih mungkin hanya ratusan ribu rupiah saja. sebaga perbandingan singkat pecinta otomotif bisa melihat sekilas bagaimana perbandingan keduanya dari interiornya, kalau mesin menang brio satya karena tenaganya mencapai 88 ps sedangkan agya masih 65 ps

  13. dengan modal segitu mah mending ambil satya kemana mana
    bayangin dengan brio sport yang harganya selangit dengan brio satya yang super murah.
    kalo selisih 50 jt buat si satya dari si sport . udah kalah kemana mana si brio sport hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s