Antara Corporate Image dan Yang Paling Dikagumi, Bagusan Mana Sih?

image

RRA Blog – Apa lagi ini judulnya… Bikin pusing saja :mrgreen: . RRA jadi pingin bahas sabetan gelar yang diterima duo jepang Honda Yamaha yang menjadi artikel di iwanbanaran.com

http://iwanbanaran.com/2014/06/05/ahm-dipilih-sebagai-perusahaan-paling-dikagumi/

Dan disini

http://iwanbanaran.com/2014/06/05/berkat-yzf-r15-dan-r25-yamaha-sabet-corporate-image-award-2014/

Telaah satu persatu yuk

Pertama, Responden. Terdiri dari 2.735 responden dari berbagai kalangan, seperti investor, wartawan, pelaku bisnis, serta publik. Metode survey dilakukan dengan face to face interview, dan telephone interview (sumber press release Honda dan Yamaha). Artinya keduanya adalah menggunakan responden yang sama.  Gimana bisa dengan responden yang sama kok bisa melahirkan 2 penghargaan yang artinya hampir mirip.

Corporate Image bisa diartikan perusahaan yang dengan performance terbaik atau menjadi percontohan perusahaan lain. Bukankan bila menjadi perusahaan dengan image terbaik dari empat dimensi yaitu Quality, Performance, Responsibility dan Attractiveness secara otomatis dikagumi? Monggo dibaca ulang press release honda dan yamaha. Sama 2 bicara terunggul soal kualitas, performa perusahaan paling joss, tanggung jawab, dan menarik. Hei… Yang namanya “ter” itu cuma ada 1 keleeeeeessssss.

image

Kedua, Data Terukur. Memang bahasanya orang kuliahan tuh. Namun yang namanya data ya harus jelas dan bisa diukur baik persentasinya, fluktuatifnya, maupun metode penelitiannya. Harus jelas siapa respondennya, kalangan apa aja dan pengguna motor apa aja. Disini antara honda dan Yamaha sudah jelas mana yang benar2 bisa diukur dari performance perusahannya dari data peningkatan perusahaan dan kenaikan popularitas brand imagenya. Maksud saya, Kalo saya bilang Doraemon itu keren apa situ juga berpendapat sama? Ya belum tentu kan? Lha belum tentu situ suka kartun. Namun bila saya bilang Soimah hari jumat akan pakai pakaian biru karena dari 4 Bulan yang lalu dia selalu muncul di YKS pakai baju biru ditiap hari jumat, apakah jawaban situ juga biru? Ini maksud saya dengan terukur

Ketiga, Akal Akalan. Yang namanya award awardan belum tentu itu sepenuhnya real kok. Juara 1,2,3 ok fine itu benar2 juara… Namun didunia ini ada kok yang namanya juara harapan satu. Title juara yang sebenarnya tidak pernah ada dan tak dianggap mas bro… Mirip memang antara juara 1 dan harapan 1.. Sama sama ada angka 1 nya tapi memiliki makna yang sangat berbeda kan? Nah saya serahkan monggo menurut situ siapa yang menduduki posisi juara harapan pertama

Advertisements

2 thoughts on “Antara Corporate Image dan Yang Paling Dikagumi, Bagusan Mana Sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s