Benchmark Motor Sport di Indonesia Bukan di Ninja 250 tapi di Yamaha Byson? Iya tah??? (bagian 1)

IMG00839-20131201-1009

RRA Blog – Sesuai judul… “Benchmark Motor Sport di Indonesia Bukan di Ninja 250 tapi di Yamaha Byson? Iya tah???” …itu menurut pendapat RRA lho… betul tidaknya kan terserah situ yang baca. Monggo diinget – inget jaman Ninja Karbu lahir… ada yang berubah dalam dunia motor sport? ada gitu motor cc kecil yang tiba2 joknya split seat? atau ada gitu pabrikan yang bikin rangka motornya uda nungging dari sononya? jawabannya… engga blas… Ninja memang supermodel… namun bukan trend setter di jagat dunia permotoran Indonesia.

Lha terus mosooook byson yang lemot itu? :mrgreen: … ini bukan maksud RRA bangga banggain motor sendiri lhoh… tapi lebih ke kenapa dulu RRA pilih byson sebagai next motorsport setelah tiger dan pengganti supra x.

 BAGI RRA DESIGN DAN PART YANG MENEMPEL DI BYSON ADALAH MASA DEPAN…

RRA bahas satu persatu deh kenapa byson bisa jadi trend setter

Ban GedeBan Tapak Lebar – Tentu saja udah dari jaman dulu udah ada variasi velg 3.5 inci dan ban 120/70 lah… vixion udah ada kok yang dimodif pake ginian sekitaran tahun 2008-2009, tapi anekdot  jaman dulu, ban segede ini bikin motor lemot, dan akhirnya vixion di cap lemot kalo pake ban ginian, dan motor lain ga ada yang ngikutin. Tapi anekdot lain, velg dengan ukuran dan ban yang sama malah sukses di byson… tuh ga usah jauh jauh… tiger, scorpio, cb150, ikutan dimodif pake velg ukuran 3.5 ini… dan NVL pake ukuran yang sama!

ambil dari blognya P2R 😀

Shock Gede – siapa yang ga mau motor sportnya  pake shock yang gede? jujur deh… kecuali situ terlalu cinta merek dan dibela-belain sampe bilang, shock kecil ga papa yang penting fungsinya… hayah… kan lebih baik shock gede dan fungsinya juga kan?


Mesin berisi – soal isi mesin… ini pokok utama,  jangan sampai body gede gahar, tapi mesin kopong… itu sebuah masalah lho kedepannya dan byson karena mesinnya masih pendingin udara ya pasti blok mesinnya gede, plus ada plastik pengarah udara ke mesin yang bentuknya mirip oil cooled jadi bikin total area mesin kelihatan gede. Ada yang ngira byson itu 250 cc? banyak mas bro… contoh lain yang mesinnya padat itu ada di CB150 street fire, karena sangat-sangat terbantu sama rangkanya itu.


Spark board yang Nungging /Nge gantung – Slebor model gantung itu lah masa depan motorsport. Byson punya slebor yang super unik. Ada bagian media yang gede dan lebar, biar tidak nyiprat seperti model motor pada umumnya, mudahnya biasa disebut slebor papan skateboard :mrgreen: . Nah… Slebor papan skateboard ini bisa dicopot lho mas bro sehingga menyisakan slebor gantung nya saja yang mungil… jadi deh ala Slebor moge. Tuh R15 yang akan segera keluar nanti, slebornya aja gantung abis kok… Nyiprat – nyiprat deh :mrgreen:

cover knalpot yang di coverin? :D

cover knalpot yang di coverin? 😀

Knalpot Model Unik – Jaman dulu sebelum byson ada, yang namanya knalpot itu ya bulet lurus panjang, atau sedikit divariasi dengan cover plastik seperti di honda supra x dulu,bahkan sekelas Ninja 250 aja sama kok, pada intinya ya tetep bulet lurus panjang :mrgreen: nahh byson ini lah yang merubah mindset itu. Knalpot model pendek, buntet, gede… hmmm… bahkan sekarang udah underbelly malah

NEXT… Tangki Plastik nya byson

81726-2012-honda-nc700x-storage-helmet

bukan.. bukan…. tangki byson ga helm in kok… tapi metode tangki plastik itu ide brilian.. tuh sampe bisa dibuat helm in

Hufttttt… Bersambung dulu deh… next artikel. 😀

Advertisements

14 thoughts on “Benchmark Motor Sport di Indonesia Bukan di Ninja 250 tapi di Yamaha Byson? Iya tah??? (bagian 1)

  1. Setuju, boleh dibilang gitu mas bro, one package sudah kaya moge beneran, kecuali engine. Btw tangki plastik helm in itu punya Honda NC700 klo ga salah.

      • 4 tak pertama dipasaran tetep Honda mas bro xixixixi, klo trend body dan design memang Yamaha jagonya…. masih kesemsem sama F1ZR sampe skrg saya juga, bodynya itu kecil tp cantik…

      • lhoo.. first mover lhoo… bukan market leader. Nah maksud saya dengan first mover itu ya baik di model, baik di design, dan struktur rangka misalnya… disini Yamaha memang beneran semakin di depan. Toh kalo saya jadi orang Honda dan sebagai market leader tentu lebih pilih aman dong… ngekor yang lain aja… 😀

    • oh iyaa…. soal mesin yang inferior itu next time saya pingin bahas deh… kenapa kok dengan body segede itu ga pake mesin 250 cc aja… 😀 . kalo melihat dari kacamata designer dan pabrikan.. tentu ada hubungannya sama market kok.

      • tul, semuanya kembali ke Market, India dan Indonesia itu lbh condong ke Gaya. Gaya mantap plus harga relatif murah pasti rame yang beli….

    • Yup…. kalo saya bilang Tiger ke 2 yaa byson ini… jaman tiger dulu motor ya bentuknya kotak kotak jadul semua… muncul jreeeeng tiger dengan modelnya yaahh wuiiihh… eh iya inget kan jaman itu tiger dianggap motor lemot juga lho…super lemot malah… soalnya kan saingannya masih 2 tak semua

  2. emang bener…sampai skrg part byson banyak dicari utk modif….terutama stang + spakbor kolong.
    btw…shock depan byson memang lbh gede drpada motor lain, tapi getas….ada foto2 byson kecelakaan shock depannya patah… sementara motor lain cuma bengkok….PR buat YMI

    • Fotonya kayaknya kok cuma 1 aja kok mas bro . tp memang terus di blow up blogger jadi kesannya banyak… Saya pernah lho tabrakan sama mobil di speed 70 kpj ++ pas nunggang kebo dan kena bagian depan nya… Lha kok ga papa tuh… Baret aja engga … Sayanya yang kena 10 jahitan di kaki…. sudah saya tulis di artikel saya sebelum sebelumnya

  3. Dasar honda di Indonesia aja yang pelit teknologi. Bebek honda yang pertama kali pake cakram. Tahun berapa coba. Sedang honda tetangga sudah monosok, cakram depan belakang, radiator (nova). Apalagi kakaknya, replika motogp, dan pro arm. (nrs sp) Wuihh… Honda indonesia,,,, jauh……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s