Benchmark Motor Sport di Indonesia Bukan di Ninja 250 tapi di Yamaha Byson? Iya tah??? (bagian 2)

RRA Blog – Huft…. dari yang niatnya nulis simple simple saja tentang byson… lha kok malah nyrocos panjang x lebar … hahahaha… ya sudah berikut lanjutannya 😀

foto dari kompas otomotif

Tangki berlapis Plastik – Hmmm ini memang masih debatable. Tapi RRA sebagai pengguna sih sangat menyukuri dengan tangki model gini. Misal kebaret kan tinggal beli baru toh? jatuh tinggal ganti aja bagian yang pecah, ganti warna? gampang lah simsalabim jadi. Artinya saya ga perlu mikiran cost untuk ngecat ulang, ndempul, kenteng magic, dll buat ngurus bagian tangki. FYI yah bagi bebeker atau metiker yang naek kelas ke sport, tangki itu bagian yang paling rawan kenapa-kenapa, jadi pilihlah dengan bijak. Passion Modifikasi? walalalaah… ini super mudah lagi, karena dari pabrikan sudah ngasih dudukan buat cover tangki dan shroud nya, jadi tinggal bikin cover sesuai dengan dudukan, tinggal baut, jadi deh… ga perlu mikir gimana cara bikin dudukan baru lagi. YMII kalo mau mengembangkan variasi byson udah gampang banget tuh… sayangnya byson diposisikan cuma jadi 2nd liner saja sama YMII :mrgreen:

dari iwanbanaran.com

Tutup tangki rata – ini nih yang paling sering disinggung, RRA dengan gembiranya seneng banget ketika lihat bagian ini rata. Rata ini bukan wujudnya saja lho yang rata, tapi di bagian dalamnya ada penampang air untuk mencegah air masuk ke tangki dan ada selang pembuangannya biar air yang tertampung di penambang langsung kebuang keluar. Kalo cuman rata aja ya ga ada bedanya dong sama tangki njendol.


Model Stang Fatbar – sebelum byson lahir, stang motor ya gitu gitu aja modelnya. Kalo RRA boleh mebut sih model stang sepeda othel, atau model stang BMX, adanya itu. Sujud Syukur deh byson pakai stang model Ducati Monster. Hayooo dibilang ga keren? lha Z250 aja juga pakai noh.

arm byson
fender new vixion

Fender Belakang – fender ini memang udah biasa lah… variasinya banyak… tapi bikin design fender tapi menyatu sama arm ya byson ini pertama kali. Kalo ga jeli atau dilihat dari 5 meteran, jadi seperti arm moge ala ala Arpilia gitu deh. RRA aja heran, ini designernya kok ya kepikiran sampe situ… good job. Eh iya fender ginian dipakai di New Vixion juga, tapi sayangnya kok ga presisi sih… jadi kesannya kaya tempelan noh. PR nih buat Yamaha.

Spidometer Digital – Tanpa lahirnya byson, RRA yakin yang namanya spidometer di  motor sport yaa masih analog. Kok bisa? karena market sport lebih seneng liat jarum naik turun tanda RPM bergejolak. Nah pagu ini yang dirubah oleh byson dengan RPM model bar. Spidopun full digital… Ahhh sudah biasa? di pulsar pun uda ada sejak lama? sorry to say deh… Pulsar tidak bisa merubah mindset konsumen sport dari penyuka jarum ke full digital. Hanya byson lah yang bisa. Mudahnya tanpa ada byson, yang namanya NVL udah pasti spidonya analog, apalagi kompetitornya si CB, Verza….

Dari sekian banyak keunikannya itu… masi ga pantes byson disebut sebagai trend setter? tanpa 1 motor ini, design maupun kecanggihan di motor sport akan berhenti di gitu gitu aja lho. Lompatan besar sudah dilalui byson, dan sisanya tinggal ngikutin garis yang sudah ditorehkan oleh motor ini. Nyeleh dari konsep dasar byson?awas!!!… bisa dianggap jadul lho…

Advertisements

9 thoughts on “Benchmark Motor Sport di Indonesia Bukan di Ninja 250 tapi di Yamaha Byson? Iya tah??? (bagian 2)

    • yang saya maksud bukan dulu duluannya… tapi sebesar apa pengaruhnya… jaman FXR dengan spido digitalnya apakah merubah pabrikan lain untuk melakukan hal yang sama? endak kan… cuma byson yang bisa

  1. Pendapat anda out of the box tp memang benar. Byson sdh 3,5 thn di release, smp skrg msh ada aja yg larak lirik di kemacetan. And sorry to say, wahai rider NMP, cewek anda aja suka curi2 pandang kalo ketemu si Kebo tuh…

    • yaapp.. jaman dulu .. saya jua yakin kok… tanpa tiger lahir… motor sport jaman sekarang masih 2 tak semua x…. 😀 kalo engga… uda 4 tak tapi modelnya masih berhenti di era 80an… Tiger memang luar biasa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s